Meminum Banyak Air, Tak Selalu Menyehatkan Dan Aturan Minum Air Yang Sebenernya

Nih gue kasih postingan¬† beberapa kondisi yang membuat “banyak” minum gak lagi buat sehat :

1. Saat Makan

Saat lo makan sebaiknya lo tidak banyak minum air. Mengapa? Karena hal tersebut dapat membuat proses pencernaan makanan yang lo makan terganggu. Saat makan otomatis lambung akan kompensasi dengan mengeluarkan asam lambung untuk mencerna dan melarutkan makanan yang lo telan.

Namun hal tersebut bisa terganggu saat lo banyak minum. Air putih akan bercampur dengan asam lambung dan mengubah kepekatan dan tingkat asam sehingga makanan akan lebih sulit dicerna. Para peneliti sudah mengkonfirmasi bahwa sebaiknya lo minum 10-15 menit setelah lo makan.

*hal ini gak berlaku bagi yang lagi keselek gaes

2. Saat Berolahraga

Salah satu kondisi paling berbahaya gaes . Pada kondisi seseorang yang sedang lelah, semisal sehabis olahraga, biasanya langsung menenggak air putih dalam jumlah yang banyak dan seringkali tanpa kontrol.

Hal ini berbahaya, karena pada saat itu, tubuh sedang bekerja keras, dan kinerja ginjal berkurang. Pasokan air putih dalam ginjal tidak bisa keluar sebanyak yang ditambahkan, sehingga kemudian oleh ginjal ditambahkan ke dalam darah. Darah kemudian menjadi terlalu encer, dan kandungan sodium berkurang. Kondisi ini disebut dengan hyponatremia.

Kelebihan air ini kemudian akan diserap oleh sel sel tubuh, demikian pula dengan sel otak. Otak membengkak karena tekanan darah naik. Otak yang membengkak ini tertahan oleh tengkorak kepala, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada banyak tempat.

*kalau haus saat sedang olahraga, minumlah air sewajarnya gaes. jangan keburu nafsu

3. Saat Sedang Mengobrol

Ini hal yang banyak kita lakukan saat lagi buru2. Minum sambil ngobrol. Perilaku ini bisa jadi sangat berbahaya gaes. Bahaya paling umum terjadi adalah tersedak. Hal ini karena saat lo bicara dan saat lo minum, terjadi tabrakan fungsi dari katup di tenggorokan yang mengatur aliran udara saat bicara dan aliran air saat minum.
Hal ini bisa jadi sangat berbahaya saat air yang lo minum malah masuk ke saluran napas (aspirasi) dan masuk ke paru2.

*inget gaes, makan/minum sambil ngomong temennya setan

4. Saat Tiduran/Berbaring

Bahaya minum saat tiduran sama seperti diatas gaes, aspirasi. Dalam jumlah yang banyak bahkan bisa menyumbat jalan napas dan menyebabkan gagal napas. Terutama yang harus diperhatikan adalah saak lo memberi minum orang yang sedang sakit.

Ada Pengalaman neh, pernah ada pasien yang awalnya sehat2 aja, namun karena kelalaian keluarga memberi minum pasien saat sedang berbaring (180 derajat), pasien tiba2 tersedak dan sulit bernapas. Saking bahayanya, kalau terlambat ditangani, dalam hitungan menit pasen gagal napas dan meninggal.

*yang suka males-malesan minum saat baring, hati-hati gaes

5. Usia Renta dan Penyakit Ginjal

Air yang lo minum di filter di ginjal. Nah, pada usia lanjut, fungsi ginjal akan menurun karena rusaknya sel-sel ginjal akibat usia. Sehingga kalau terlalu banyak air yang disaring, kerja ginjal menjadi berat dan tidak semaksimal saat masih muda.
Begitu juga dengan orang dengan sakit ginjal. Air yang harusnya disaring dan dibuang malah akan dilepas ke darah. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan cairan di jaringan yang sehat yang tidak semestinya (misal: kaki) dan mengakibatkan bengkak akibat timbunan cairan tersebut (edema).

*jangan lupa ingetin kakek-nenek lo atau orang yang agal kenal yang lagi sakit ginjal

6. Saat Sebelum Tidur

Banyak dari kita yang sebelum tidur, gak afdol kalau belum minum. Padahal ini kondisi yang gak bagus gaes. Saat tidur, air minum dapat bercampur dengan asam lambung. Karena kondisi tidur yang datar, air yang sudah bercampur tadi akan ikut mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan korosif di saluran cerna dan saluran napas atas.

Kondisi ini juga sering mengakibatkan GERD (Gastro Eso Fageal Refluks) atau loncatan asam lambung. Gejalanya adalah rasa panas di daerah kerongkongan dan rasa asam-pahit di mulut

*dan, sebelum tidur jangan lupa baca doa gaes

JADI GIMANA SIH ATURAN MINUM AIR YANG BENAR ??

1. Minumlah air putih secukupnya dan sewajarnya (tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak)

2. Yang dikatakan terlalu banyak dan berlebihan itu seberapa sih?
Terkait berbagai dampak fatal yang terjadi pada perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya dan tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg, konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari.

Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh pada jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.

3. Bila kita sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, itu bukan berarti semua kebutuhan air yang diperlukan tubuh harus berasal dari air putih. Dua liter yang dianjurkan tersebut bisa juga termasuk dari makanan atau minuman yang banyak mengandung air, misalnya sup, air susu, buah, atau jenis

4. Aturan minum 2 liter perhari berlaku bagi orang sehat. Sementera untuk penderita ginjal tentulah harus dibatasi, tidak boleh minum air putih terlalu banyak, karena akan semakin memperberat kerja ginjalnya.

5. Minumlah air putih secara bertahap, jangan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, 1 gelas setelah bangun tidur, dilanjutkan 1 gelas sebelum dan sesudah sarapan, kemudian 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam

6. Kebutuhan air per hari untuk tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Untuk itu, minumlah secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing dan minumlah saat Anda merasa haus, karena haus dan dahaga adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh kita membutuhkan minum.

Beberapa Cara Aneh Mempertahankan Hubungan

Cara aneh ini enggak hanya bisa mempertahankan hubungan pacaran lo, tapi juga biar hubungan lo bisa jauh dari rasa bosan. Mungkin sebagian ada yang mulai bosan dengan hubungannya,dan cara ini juga bisa di terapkan ga hanya buat yang pacaran saja, tapi buat yang sudah berumah tangga.

Supaya bisa kita praktekin langsung, baca neh cara aneh yang bisa bikin lo mempertahankan hubungan lo.

1.Berantem

Hah, Berantem?  Mau Percaya atau enggak, ternyata tiap kali lo berantem dengan pasangan lo, malah bisa bikin hubungan lo makin dekat. Yups, Berantem ternyata bagian dari hubungan dan kalau enggak pernah ada masalah sama pacar lo, lo harus curiga dengan hubungan lo ke depan. Saat lo berdua lagi berantem, pasti lo enggak sengaja melakukan komunikasi yang selama ini lo simpan. Atau lo enggak setuju dengan suatu hal dan lo mulai mengemukakan pendapat buat pasangan lo. Hal ini sehat banget, artinya kita saling peduli dan belajar jujur satu sama lain. Asalkan lo berdua jangan terlalu hilang arah kendali.

2.Cemburu

Ternyata rasa cemburu juga enggak identik sama hal yang buruk kok. Selama masih dibatas yang normal wow!. Ingat jangan berlebihan!
Wajar banget kalau lo merasa sedikit cemburu atau terganggu saat ada orang laen yang mendekati pasangan lo. Cemburu artinya mengingatkan satu sama lain kalau lo sebenarnya peduli, perhatian dan rasa enggak mau kehilangan.

3.Flirting Sama Orang Lain

Kalau lo sudah punya pacar, tapi lo masih suka curi pandang sama orang laen dimanapun berada, ternyata sehat lho. Flirting bisa jadi bagian positif buat mempertahankan hubungan. Yang salah, kalau flirting berubah menjadi pdkt atau perselingkuh. Flirting secara random bisa bikin rasa jenuh kita dengan pacar hilang. Sekaligus meningkatkan rasa pede karena menganggap kalau lo masih bisa menarik perhatian orang lain.

4.Enggak Berhubungan Sementara

Enggak usah terus-terusan chat, telfon atau aktif di sosial media sama pacar seharian bisa jadi jurus ampuh menghilangkan rasa bosan satu sama lain. Dengan memberi waktu dan space yang baik, kita bisa sama-sama menikmati masa me time secara positif.

Enggak perlu takut pasangan lo akan selingkuhin lo. Semua cowok sebenarnya menyukai privacy dan menikmati sesuatu sendiri. Dan semua cewek kalau udah sayang sama lo, bakal jaga perasaan lo.Coba bikin rutinitas secara acak agar lo juga ga terlalu berpikir negatif saat pasangan lo lagi sibuk.

5.Me Time

Me time penting banget dilakukan saat pacaran. Bukan berarti kalau lo berhubungan sama seseorang, lo harus selalu berdua melulu dengan dia setiap saat. Inilah yang berakibat lo cepet bosan. Pacar lo juga bisa merasa terganggu atau jenuh tapi bingung menegur lo. Daripada hubungan lo bermasalah hanya karena ini, coba deh lo biasakan sendiri tanpa pacar lo dalam melakukan sesuatu. Misalnya hobi ke salon, baca buku, belanja, nongkrong, makan atau chat dengan sahabat. Intinya komunikasikan ke pasangan lo hal tersebut. Dan kembali lagi ke point 4.

6.Main Video Games

Kedengarannya aneh, tapi hasil penelitian menemukan kalau lo main video games bareng pasangan lo, lo bisa meningkatkan hubungan lo berdua jauh lebih baik. Video games bisa membangun koneksi emosional, memperbaiki mood dan menghilangkan stress atau rasa tertekan.

7.Main Sama Sahabat

Saat lo lagi sama pasangan lo, karena terlalu sering sama pasangan lo, sahabat lo makin lama makin menjauh. Ini Salah besar !. Lo juga harus tetap bisa menjaga pertemanan lo dengan sahabat lo. Apalagi dengan meluangkan waktu dengan mereka. Tahu enggak, menurut hasil survey ternyata seseorang yang punya pacar akan merasa senang kalau pasangannya bisa menghabiskan waktu sama sahabatnya, yang enggak berhubungan sama dia. Asalkan sahabat lo itu bukan lawan jenis.

8.Hobi Berbeda

Siapa bilang perbedaan jadi hambatan kita pacaran. Justru semakin banyak perbedaan, kabarnya bisa bikin pacaran lo lebih awet. Perbedaan bisa memicu rasa penasaran dan lo suka banget sama tantangan seperti rasa penasaran. Enggak masalah lo punya hobi yang berbeda dengan pasangan lo dan melakukannya sendirian. Apalagi membiarkan pasangan lo juga melakukan hobinya tanpa gangguan dari lo. Dan kemungkinan suatu hari lo juga bakal di ajak pasangan lo buat ikut paling ngga nemenin dia.

9. Ajak Ketempat Yang Berbeda

Cara ini terbukti bisa buat suasana berbeda dari hal yang biasanya. Dengan cara Lo ga harus selalu jalan-jalan sama pasangan lo ke tempat itu-itu aja.
Tempat baru suasana baru di tempat tersebut akan membuat lo sama pasangan lo seperti kembali ke awal saat lo pacaran sama dia. Misalnya setiap lo libur dan dia juga libur lo biasanya liburan di pantai ganti dengan opsi ke puncak.

Begitulah cara aneh yang perlu lo lakukan. Agar hubungan lo sama pasangan lo itu awet, jauh dari kata bosan, dan agar tidak begitu monoton hubungan lo dengan pasangan lo itu.
Lakukan yang sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.
Dan terpenting lo jaga hati lo buat pasangan lo, dimanapun lo berada, inget aja kalau lo udah punya orang yang sayang sama lo, jangan sampe lo buat dia kecewa.

Tips Mengatasi Rasa Kecewa

Siapa sih yg tidak pernah kecewa? siapapun pasti pernah merasakan kecewa,ada yg kecewa karena pekerjaan,teman,atau bahkan kkecewaan karena masalah asmara,hubungan cinta dengan pasangan.Perasaan kecewa pun sangat beragam,ada yang dengan mudah melupakan kekecewaan tersebut tetapi ada yang susah bahkan tidak bisa melupakan rasa kecewa tersebut.

Kecewa memang merupakan hal yang normal tetapi bagaimana kita mengatasi kecewa tersebut yang membedakan kualitas diri kita.

berikut ini beberapa tips atasi kecewa:

– PAHAMI PUNCAK MASALAH

Pahami puncak permasalahan yang menyebabkan kita kecewa,dengan memahaminya maka kita mudah mencari jalan keluar atau solisinya.

– PAHAMI PERASAAN KITA

Alangkah baiknya jika kita juga memahami perasaan kita,coba hayati tekanan yang kita hadapi sehingga mudah kita mengatasi rasa kecewa tersebut.

– IKHLAS DENGAN PERASAAN KITA SENDIRI

Hindari untuk menipu perasaan diri kita sendiri,karena ada kalanya rasa kecewa karena hal yg lain.Misal kita kecewa karena rekan kita kerja berhasil mencapai karir yg lebih tinggi tetapi sebenarnya kita kecewa karena rekan kita itu lebih cantik/ganteng.Dalam contoh itu kita melihat bahwa kita menambah beban kecewa dengan persaan kecewa mencapai karir itu bukan cuman lebih cantik/ganteng.Coba hayati dengan tenang persaan kita,puncak dari rasa kecewa tersebut.

– PAHAMI PUNCAK KEKECEWAAN

Selain memahami puncak masalah,coba pahami juga puncak dari rasa kecewa tersebut.Apakah puncak kecewa tersebut selalu berulang2 kita alami? Apakah ada salah dalam diri kita? Dan sebagainya. Untuk itu kita harus renungkan

– MENGHINDARINYA

Setelah mengetahui dan memahami puncak dari kekecewaan,coba memikirkan apakah hal-hak tersebut dapat dhindari di masa akan datang,sehingga kita masih memiliki h
arapan dan mencegah hal kecewa tersebut.

– CARA MENGATASI KEKECEWAAN

Jika kita merasa sudah bertindak/berusaha untuk mngatasi kekcewaan tersebut,kita sebenarnya telah berhasil yaitu berhasil didalam mnguasai diri kita untuk mngatasi rasa kecewa.

Ada beberapa cara ‘obat‘ atasi rasa kecewa tersebut;
*Fokus perhatian kepada aktivtas lain yg bermanfaat.
*Melupakan kkecewaan tersebut dan berkomitmen untuk tidak kecewa lagi.
*Meluapkan persaan kita kepada teman atau orang yg kita percayai.

– MINTA NASEHAT ATAU SARAN DARI ORANG LAIN

Cobalah untuk mminta nasehat dari orang lain yg kita hormati dan sebaliknya jangan mminta nasehat dari orang yg kita benci atau yg sakitkan hati kita.Intinya aalah jangan menambah persaan kecewa tetapi mngurangi rasa kecewa tersebut.

– JANGAN MEMANJAKAN PERASAAN

Salah satu obat mngatasi rsa kecewa adalah jangan memanjakan persaan kita,hindari untuk membawa perasaan.Coba lakukan aktivtas lainnya yg dapat mngalihkan fkiran kita dari hal yg mnyebabkan rasa kecewa.

– BIARKAN OTAK MENGATASI HATI

Cobalah untuk mnenangkan persaan dengan pemikiran,jika kita menggunakan otak untuk mngatsi perasaan(hati) akan lebih mudah kita melihat jalan yg lebih lurus dan rasional.Biasanya pemikiran rasional akan dapat mngatasi rasa kecewa.

– TINGKATKAN KEYAKINAN DIRI

Rasa kecewa biasanya muncul ketika kita kurang percaya diri.Hal ini sangat berperan dalam munculnya rasa kecewa pada diri kita.

Nah inilah tips mengatasi rasa kecewa. Memang tak mudah menjalani, dan proses ini pun tak bisa secara singkat di jalaninya.
Semoga bermanfaat, tak ada salahnya untuk mencoba..

Point Yang Harus Di Ingat Saat Mau Memulai Sebuah Hubungan Baru

Trauma masa lalu, takut putus di tengah jalan, khawatir hubungan ngga berjalan sesuai harapan..

Broh lika-liku kehidupan cinta yang pernah kamu alami bisa meninggalkan luka dan ketakutan yang dalam pada dirimu.. Dan itu bisa bikin kamu jadi ragu buat memulai hubungan asmara yang baru.. Tapi, mau kayak gimanapun jg kita tetap harus maju ke depan.. Memulai sesuatu yang baru tnpa takut.. Karena akan selalu ada awal yang baru bukan??

Memulai sebuah hubungan baru mungkin sedikit menakutkan.. Tapi asalkan kita bisa mempersiapkan diri dengan baik, semua rasa takut dan khawatir bisa kita hilangkan dengan mudah.. Nah, gw akan kasih 7 point yang harus di ingat saat mau memulai sebuah hubungan baru.. So, this is it..

1. Jangan Terlalu Menggilai Pasangan

Oke, mungkin ini hal yang cukup sulit.. Bagaimana bisa kita tak tergila-gila pada pasangan yang telah membuat kita jatuh hati?? Brooh kita harus ingat klo kita ngga bisa memaksa pasangan untuk menghabiskan semua waktu untuk kita.. Kita juga ngga bisa setiap satu menit sekali meneleponnya untuk menanyakan hal-hal sepele.. Kasih perhatian secukupnya dan bangun sebuah hubungan tanpa ada perasaan atau obsesi berlebihan.. Jadi klo suatu saat kalian harus berpisah.. Move on nya jg ngga terlalu sulit yang berlebihan.

2. Jadilah Diri Sendiri

Jangan cuma karena pingin bikin seneng hatinya doi kamu mau berubah jadi orang lain.. Tetaplah jadi diri kamu sendiri.. Kenapa?? Karena saat kamu membuang karakter aslimu, itu artinya secara ngga langsung (bisa juga langsung sih) pasangan kamu ngga suka sm kamu, tapi suka sama karakter hayalannya dia yang kamu jadikan nyata.. Kepribadian dan karakter asli kamu itulah yang justru akan membuat pasangan tetep setia sama kamu.

3. Ngga Perlu Buru-Buru

Cinta itu butuh proses dan waktu.. Dalam memulai hubungan asmara baru, kamu ngga perlu buru-buru maksa pasangan kamu untuk berbuat lebih.. (Kebanyakan) Awal sebuah hubungan akan dipenuhi banyak ketidakpastian.. Kamu dan pasangan kamu butuh waktu untuk mengenal diri masing-masing satu sama lain secara mendalam..

Biasanya yang suka buru-buru saat memulai hubungan baru itu ngga bisa bertahan lama.. Percayalah.. Ini berdasarkan pengalaman kok..

4. Berhenti Memfokuskan Hanya pada Diri Sendiri

Maksudnya adalah jangan terlalu sering membicarakan kelebihan atau semua yang kamu rasakan ke pasangan kamu.. Kasih kesempatan dan waktu ke pasangan kamu untuk berbicara.. Sesekali kamu juga perlu jadi pendengar yang baik biar komunikasi dua arah bisa berjalan lancar.. Bukankah komunikasi yang baik adalah kunci sukses sebuah hubungan asmara??

5. Jangan Hanya Mengandalkan Info dari Akun Media Sosialnya

Udah hal yang biasa klo kita bakalan stalking akun media sosial yang dimiliki oleh pasangan kita.. Tentang siapa aja teman yang deket sama dia, tentang aktivitas apa saja yang pernah dia lakukan, foto-foto apa saja yang pernah di upload sama dia, dll..  Well, tapi kita juga perlu hati-hati.. Apa yang ada di media sosial bisa aja beda sama fakta yang ada di dunia nyata (namanya dumay).. Jadi untuk memahami pasangan kamu dengan baik, kamu butuh komunikasi secara langsung.. Jangan langsung ngejudge cuma karena stalking..

6. Berhenti Menuntut Kesempurnaan

Banyak hubungan asmara yang gagal karena masing-masing pasangan menuntut kesempurnaan yang ngga masuk akal.. Walaupun kamu punya bayangan tentang sosok impian sempurna yang pingin kamu jadiin sebagai pasangan, tapi kamu juga harus bisa membuka mata bahwa ngga ada manusia yang sempurna di dunia ini..

Kitapun pasti punya kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan pasangan kita.. So, jangan pernah mengharapkan pasangan yang sempurna ya.

7. Hargai Pasangan Barumu

Pasangan baru emang ga sesempurna mantan, tapi bukan karna masih ‘baru’ terus berlaku seenaknya, hargai perasaan pasanganmu,

dengan masih membicarakan soal mantan, pasang DP / ava mantan, posting status tentang mantan itu sama sekali gak menghargai Pasangan baru mu, mungkin kamu berfikir dia ga berhak ngelarang kamu / marah sama kamu karna dia masih baru?? Karna kenangan mantan / sosok mantan jauh lebih berharga buat kamu? Well mungkin emang kenyataannya mantanmu terlalu hebat, tapi tindakan Itu gak pantes sama sekali dan sama aja kamu gak nganggep dia adalah pasanganmu, secara gak langsung km menjatuhkan harga dirinya sebagai pasanganmu, kecuali kamu memang hanya mau menjadikan pasangan barumu itu ‘mainan’

coba berfikir kalau itu terjadi kebalikannya.. Apa perasaanmu?

Buat yg sudah terlanjur seperti itu coba renungkan sejenak, sejauh mana km sudah melukai perasaannya? Dan fikirkan, apakah km mau memperbaiki kesalahan itu / km terlalu egois untuk tetap bertahan dengan kenangan masalalu mu.

Akan selalu ada tantangan baru setiap kali kita mau mulai sebuah hubungan baru.. Meskipun kita ngga bisa memastikan 100% gimana hubungan itu nantinya, tapi melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya dan menghindari kesalahan-kesalan kecil bisa mencegah munculnya konflik-konflik besar..

What do you think about it brooh ? Apakah kamu juga punya tips-tips sendiri tentang memulai sebuah hubungan asmara yang baru?? Boleh lho di tulis di kolom komentar..

TIPS BATERAI HANDPHONE MU TAK CEPAT HABIS

Daya baterai ponsel pintar yang kerap boros memang sering menjadi masalah. Risiko yang paling parah adalah kamu jadi tidak bisa menghubungi siapa-siapa kalau sedang tertimpa musibah. Begitu pentingnya baterai, sampai-sampai banyak orang akhirnya membeli powerbank.
Namun sebenarnya baterai yang boros bisa kamu cegah dengan penggunaan yang bijak. Baca artikel berikut untuk membantumu menjaga bateraimu tetap sehat.

1. Aktifkan  Airplane ModeSaat Kamu Sedang Mengisi Daya

Sebagian besar charger ponsel memberikan daya yang cukup untuk tetap memungkinkanmu menggunakan ponsel dalam keadaan charging. Maka dari itu, sebenarnya kamu tidak perlu untuk mematikan ponsel saat akan mengisi baterainya. Namun, ada baiknya untuk mematikan jaringan data atau mengaktifkan airplane mode selama mengecas. Ini akan membuat bateraimu terisi lebih cepat, dengan simpanan daya yang lebih awet.

Daya baterai ponsel pintar yang kerap boros memang sering menjadi masalah. Risiko yang paling parah adalah kamu jadi tidak bisa menghubungi siapa-siapa kalau sedang tertimpa musibah. Begitu pentingnya baterai, sampai-sampai banyak orang akhirnya membeli powerbank.
Namun sebenarnya baterai yang boros bisa kamu cegah dengan penggunaan yang bijak. Baca artikel berikut untuk membantumu menjaga bateraimu tetap sehat.

2. Jangan Tunggu Daya Bateraimu Habis  Total

Baterai yang lazim digunakan pada ponsel saat ini dibuat dengan bahan dasar lithium. Berbeda dengan yang berbahan dasar nikel, usia baterai lithium justru akan semakin berkurang jika kamu membiarkan dayanya habis hingga 0%. Untuk itu, jangan tunggu sampai bateraimu benar-benar kehabisan daya.
Segera isi baterai saat dayanya sudah di bawah 20%. Jika sudah terisi dengan penuh, segera cabut ponselmu dari charger. Walaupun baterai lithium didesain untuk dapat diisi sesering mungkin, tidak segera mencabut saat penuh dapat mengakibatkan baterai bocor dan tidak tahan lama.
. Jangan Tunggu Daya Bateraimu Habis  Total
Baterai yang lazim digunakan pada ponsel saat ini dibuat dengan bahan dasar lithium. Berbeda dengan yang berbahan dasar nikel, usia baterai lithium justru akan semakin berkurang jika kamu membiarkan dayanya habis hingga 0%. Untuk itu, jangan tunggu sampai bateraimu benar-benar kehabisan daya.
Segera isi baterai saat dayanya sudah di bawah 20%. Jika sudah terisi dengan penuh, segera cabut ponselmu dari charger. Walaupun baterai lithium didesain untuk dapat diisi sesering mungkin, tidak segera mencabut saat penuh dapat mengakibatkan baterai bocor dan tidak tahan lama.

3. Sebisa Mungkin, Hindari Penggunaan  Mode Getar

Mode getar yang ada di ponsel menjadi alternatif kita untuk tetap berkomunikasi tanpa mengganggu orang sekitar. Namun ternyata, mode getar ini dapat membuat baterai ponsel kita boros. Sebagai antisipasinya, alihkan HP ke mode mute atausilentsaja.
Kamu juga bisa tetap mengaktifkan nada dering favoritmu, tanpa perlu menggunakan vibrasi. Atur saja volume nada dering sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga tanpa ada getaran pun kamu bisa tetap sadar bahwa ada notifikasi baru yang masuk di ponselmu.

4. Matikan Fitur Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Matikan fitur Wi-Fi, GPS, dan Ponsel pintar zaman sekarang telah dilengkapi banyak fitur yang memudahkan. Walau begitu, kamu tidak perlu mengaktifkan fitur-fitur itu sepanjang hari.
Saat sedang mengecek ponsel, selalu pastikan bahwa fitur Wi-Fi, GPS, atau bluetooth berada dalam posisioff. Jika tidak, mereka akan terus memperbaharui sinyal dan jaringan, menyebabkan daya baterai ponselmu terkuras lebih cepat. Aktifkan fitur-fitur ini hanya ketika kamu ingin menggunakannya, ya.

5. Pilih Hitam Sebagai Warna Latar Layar  Ponselmu

Layar yang digunakan oleh ponsel pintar saat ini hampir seluruhnya berjenisActive-Matrix Organic Light-Emitting Diodeatau AMOLED. Jenis layar ini dapat memancarkan cahayanya sendiri, tidak seperti LCD yang hanya mentransmisikan cahaya yang dikirim dari sumber cahaya di belakangnya.
Layar AMOLED memancarkan cahaya secara per piksel. Saat latar belakangmu hitam, seluruh piksel HP akan dimatikan sehingga energi yang dikonsumsi oleh layar sangatlah kecil. Jadi pilihlah hitam sebagai warna latar layar ponselmu untuk menghemat daya yang dikeluarkan.

6. Gunakan  Charger yang Sesuai Dengan Jenis Bateraimu

Beberapa ponsel pintar saat ini memiliki jenis chargeryang serupa. Di sisi lain, menggunakan chargeryang tidak dibuat untuk HP-mu akan membuat bateraimu cepat bocor.
Sebelum meminjam, pastikan bahwa chargertersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan bateraimu. Jangan sampai voltase yang dimiliki oleh chargerlebih tinggi daripada bateraimu. Ini akan membuatnya berisiko hangus kelebihan tegangan. Lebih bagus lagi, selalu siap sedia chargersaat akan pergi ke manapun.

7. Saat Sedang Mengisi Daya ,Letakkan Ponsel di Atas Benda yang Tidak Menyerap Panas

Tidak baik membiarkan baterai dalam keadaan yang panas. Selain akan memperpendek usia baterai, kemungkinan akan hangus pun juga besar.
Saat sedang di-charge, suhu baterai akan naik. Untuk menghindari kenaikan suhu yang drastis, jangan letakkan ponsel di atas benda yang menyerap panas, seperti bantal, kasur, atau bahkan tubuhmu sendiri. Usahakan untuk selalu menaruh ponsel di atas meja kayu atau buku saat dayanya sedang diisi. Kayu dan buku bukanlah material yang menyerap panas, sehingga aman sebagai alas ponsel saat sedang di-charge.

8. Jangan Mengisi Daya Lewat Powerbank

Saat ini memang banyak dijual powerbanksebagai alat pengisi daya darurat. Namun, mengisi daya langsung dari stop kontak adalah cara yang paling direkomendasikan. Arus yang ada pada stop kontak lebih stabil dan aman, sehingga tidak akan menimbulkan panas yang tidak baik untuk ponselmu. Selain itu, bateraimu juga akan terisi lebih cepat.
Pemakaian powerbank diperbolehkan jika tidak terlalu sering dan tak sampai penuh. Benar-benar gunakan powerbank hanya pada keadaan darurat. Isilah sampai bertambah sekitar 20%, setidaknya cukup untuk melakukan komunikasi sampai nanti kamu menemukan stop kontak untuk melanjutkan pengisian daya.