Fakta Indonesia ( For Youth Info )

Banyak orang indonesia yang tidak mengetahui sejarahnya sendiri, sejarah yang sebenarnya, bukan sejarah yang dibelokkan oleh rezim politik untuk kepentingan kekuasaan.

Semakin derasnya informasi, fakta-fakta sejarah tersebut muncul kepermukaan dan mulai menjadi berita hangat untuk indonesia.
berikut fakta Sejarah Indonesia tidak Kamu Ketahui dikutip berbagai sumber:

1. Presiden Yang Tak Dikenal

Indonesia bukanlah negara yang jumlah Presidennya banyak. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah memiliki 44 Presiden, Indonesia masih dalam hitungan jari tangan sehingga mudah diingat. Tapi coba tanyakan pada anak-anak muda siapa saja nama Presiden Indonesia. Mungkin yang disebut hanya Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, dan SBY.
Ada dua nama yang terlewat, yakni Sjafruddin Prawiranegara dan Mr.Assaat. Faktanya, Sjafrudin Prawiranegara pernah ditugaskan sebagai Presiden/Ketua PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) pada tahun 1948 untuk menjalankan roda pemerintahan dari Bukittinggi, sebab saat itu Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda
pada Agresi Militer II. Lain lagi dengan Mr.Assaat. Tokoh yang ikut ditangkap Belanda dan diasingkan ke Pulau Bangka bersama Soekarno dan Hatta ini sempat menjadi “Acting Presiden Republik Indonesia” alias pemangku sementara jabatan Presiden sejak Desember 1949 hingga Agustus 1950.

2. Presiden Korup

Sejak jaman baheula Indonesia terkenal sebagai negara yang tingkat korupsinya tinggi. Hingga tulisan ini dibuat, mantan Presiden Soeharto mencatat prestasi sebagai pemimpin negara paling korup sedunia. Tidak ada pemimpin negara lain yang menyaingi nilai korupsi Soeharto yang diperkirakan mencapai angka 15-35 milyar dollar AS.
Prestasi ini dicapai Soeharto selama 32 tahun masa pemerintahannya. Padahal Soeharto pada awal menjabat sebagai Presiden dulu pernah mengkritik era Orde Lama Soekarno yang dinilai tidak mampu memberantas korupsi. Well,..people changed. Meskipun pada tahun 1998 era Orde Baru Soeharto ditumbangkan oleh people power,
namun Soeharto selalu gagal diadili atas dugaan korupsi yang telah dilakukannya hingga ia meninggal 10 tahun kemudian. Uniknya, hingga kini masih ada wacana serius untuk menjadikan Soeharto sebagai Pahlawan Nasional. Sebagian kalangan menilai jasa-jasanya amat besar bagi Indonesia. Ada anekdot bahwa gelar itu sangat
pantas, karena berkat jasa-jasa beliau lah kini korupsi begitu mengakar di setiap instansi pemerintah, dan barang siapa yang tidak korup bisa diolok-olok sebagai orang bodoh atau munafik. Buktinya? menurut survei sebuah perusahaan konsultan PERC, di tahun 2010 Indonesia menempati posisi juara 1 negara paling korup se-Asia Pasifik.

3. Arti Sebuah Nama Bagi Soekarno

Jika Presiden Soekarno bisa memutar balik waktu, mungkin beliau akan mengubah tandatangannya di naskah Proklamasi. Saat sudah menjabat sebagai Presiden, Soekarno mengubah penulisan namanya menjadi Sukarno. Ia sangat membenci ejaan “oe” yang dianggapnya warisan penjajah Belanda. Sayangnya, naskah Proklamasi tidak boleh dirubah sama sekali. Soekarno sendiri dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo, sebelum dirubah ayahnya menjadi Soekarno karena sering sakit-sakitan saat kecil dulu. Terbukti saat menyandang nama Soekarno ia berjaya, persis seperti “Karna”, pahlawan dalam kisah Mahabrata yang mengilhami namanya. Namun ketika ia merubah lagi namanya menjadi Sukarno, nasibnya menjadi buruk.
 
 
4. Lan Fang, Republik pertama di Negeri Kita

Siapa bilang Indonesia Republik pertama di negeri kita ? Dua abad yang lalu, tepatnya tahun 1777, pernah berdiri Republik bernama Lan Fang di Pontianak, Kalimantan Barat. Saat itu bangsa Eropa dan Cina (yang katanya) lebih maju sejarah peradabannya pun masih memakai sistem Kerajaan / Monarki.
Bendera Republik Lan Fang berbentuk empat persegi kuning dengan lambang dan kalimat “Lan Fang Ta Tong Chi”. Panji kepresidenan berbentuk segi tiga berwarna kuning dengan kata “Chuao” (Jenderal). Pejabat tingginya berpakaian ala Tiongkok kuno, sedangkan yang berpangkat lebih rendah mengenakan pakaian ala barat.
Lo Fang Pak, seorang guru dari Kwangtung-Cina merupakan pendiri sekaligus Presiden pertama Republik Lan Fang yang berjasa menyatukan puluhan ribu orang Tionghoa yang saat itu berburu emas sampai ke Kalimantan Barat.
Hebatnya, Republik Lan Fang kala itu sudah membangun jaringan transportasi, punya kitab undang-undang hukum, menyelenggarakan sistem perpajakan, mengembangkan sistem pendidikan, pertanian dan pertambangan, bahkan punya ketahanan ekonomi berdikari, lengkap dengan perbankannya !
Tidak hanya itu, Republik Lan Fang sangat disegani kemampuannya mengusir buaya di muara Kapuas. Bahkan setelah sukses membantu Sultan Kun Tien dalam perang melawan Kesultanan Mempawah dan kelompok Dayak, seluruh orang Tionghoa memilih berlindung pada Republik Lan Fang, termasuk Sultan Kun Tien sendiri.
Setelah 47 tahun berdiri dan tercatat punya 10 Presiden yang dipilih lewat Pemilu, akhirnya Republik Lan Fang takluk di tangan penjajah Belanda. Namun karena takut Dinasti Cina membantu Lan Fang (baca: Lan Fang rajin memberi upeti tiap tahun ke Dinasti Ching di Cina), lantas Belanda baru berani mengumumkan penaklukkan itu secara resmi 27 tahun kemudian saat Republic of China berdiri.
Bejimane pun ane bangga dengan indonesia DIRGAHAYU NEGARAKU

5. Nama Jalan Pahlawan Indonesia di Belanda

Indonesia punya keterikatan historis dengan Belanda yang pernah menjajahnya selama 3,5 abad. Uniknya jika pelesir ke Belanda, akan menemukan nama-nama pahlawan perjuangan Indonesia di beberapa kota. Ada nama jalan Mohammed Hatta dan Sutan Sjahrir di kota Haarlem. Ada juga jalan RA Kartini atau RA Kartinistraat yang diabadikan di empat kota sekaligus: di Amsterdam, Haarlem, Utrecht, dan Venlo. Bahkan Kartinistraat di kota Utrecht lebih luas dibanding jalan Che Guevara, tokoh pejuang Amerika Latin yang legendaris itu. Namun jangan senang dulu, karena di kota Haarlem juga terdapat nama jalan Chris Soumokil, presiden gerakan separatis RMS (Republik Maluku Selatan) yang dulu dihukum mati di Kepulauan Seribu.

6. Negara Maritim

Siapa yang tak tahu kalau Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas lebih dari 3,2 juta km2 dan pantainya terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Untuk mengamankannya dari serangan musuh dan pencuri kekayaan alam Indonesia tentu dibutuhkan pasukan militer yang tangguh. Ironisnya, saat ini untuk mengamankan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia hanya punya 17.000 personil marinir. Artinya, satu pulau dijaga oleh satu orang marinir. Menyedihkan.

7. Kuburan ala Indonesia

Ada banyak cara menguburkan jenazah, dan orang Indonesia punya cara yang unik dalam melakukannya. Orang-orang Toraja di Sulawesi Selatan memakamkan jenazah di bukit atau tebing-tebing yang terjal. Makam yang tersohor antara lain Batu Lemo. Disini bahkan para mayat diganti pakaiannya pada waktu-waktu tertentu.
Ada juga Kuburan Bayi Kambira; dimana jenazah bayi dibalsem dan dibungkus, lalu dimasukkan ke dalamnya pohon besar yang sudah dilubangi terlebih dulu. Setelah itu lubang ditutup dengan anyaman ijuk. Ada juga makam Batu Karang Terjal Londa.
Mayat dimasukkan ke peti-peti yang kemudian diatur sesuai garis keturunan keluarga, lalu diletakkan di dalam goa yang dalamnya sekitar seribu meter. Bayangkan, di dalam goa itu kita akan menemukan ribuan tengkorak dan tulang-belulang manusia.

Orang-orang Dayak suku Benuaq di pedalaman Kalimantan Timur juga punya kuburan unik. Mayat tidak dikubur dalam tanah, melainkan diletakkan ke dalam peti yang disangga oleh tiang atau digantung pada tali. Setelah beberapa tahun peti itu dibuka lagi, lalu tulang-belulang mayat didoakan, kemudian dimasukkan lagi ke dalam peti bertiang yang permanen.

8. Tetangga Yang Baik Bagi Malaysia

Tanyakan pada seluruh negara di Asia Tenggara, dijamin mereka merasa bahagia hidup berdampingan dengan Indonesia. Bagaimana tidak, oknum-oknum pemerintah Indonesia tak pernah berhenti menggratiskan kekayaan alam Indonesia pada negara lain. Saking murah hatinya, yang namanya pencurian ikan, pencurian pasir, illegal logging, dll seringkali tidak diproses hukum melainkan selesai lewat jalan “damai”.
Diantara semua negara tetangga, mungkin Malaysia yang paling happy. Negara yang berpenduduk hanya 27 juta orang dan luas negaranya tak sampai setengah Pulau Kalimantan ini berulang kali membuat “dosa” pada Indonesia namun selalu dimaafkan. Dari mulai merebut Pulau Sipadan & Ligitan di Selat Makassar sana, kekerasan pada TKI,
illegal logging, mengklaim hak paten atas kesenian Indonesia, dan bla..bla..bla… Belum ada pemimpin Indonesia yang berani pada Malaysia seperti Bung Karno. Idenya untuk Ganyang Malaysia tak pernah jadi kenyataan. Apalagi presiden RI yang sekarang cukup feminin (istilah lain dari mengutamakan diplomasi”). Tak pantaslah harga diri bangsa ditukar dengan jiwa pengecut. Tapi itulah realita. Suka tidak suka, Indonesia benar-benar tetangga yang baik bagi Malaysia. Bukan tak mungkin nantinya Indonesia yang akan diganyang Malaysia.

9. Orang Terkenal “Made in Indonesia

Tuhan berbaik hati memberi kekayaan alam melimpah pada Indonesia, sampai-sampai dulu bangsa Eropa tega menjajah demi rempah-rempah. Mereka, khususnya bangsa Belanda, menghuni Indonesia ratusan tahun lamanya dan beranak-pinak dengan warga lokal. Itulah kenapa saat ini ada sekitar setengah juta warga negara Belanda yang punya garis keturunan Indonesia.
Tengok saja para pemain sepakbola Belanda saat ini. Dalam tim nasional Belanda banyak yang punya darah Indonesia dari kakek-nenek mereka. Sebut saja Robin Van Persie, John Heitinga, Demy De Zeeuw, Nigel de Jong, Denny Landzaat, Giovanni van Bronckhorst. Yang disebut terakhir justru masih bisa berbahasa Indonesia meskipun tidak lancar.
Maklum, ibunya bermarga Sapulette, berasal dari Saparua, Maluku.
Selain mereka, dipercaya ada ratusan pemain sepakbola di Eropa yang keturunan Indonesia. Ada yang berdarah Ambon seperti Christian Supusepa, Justin Tahapary, Michael Elias Timisela. Ada yang keturunan Batak seperti Radja Nainggolan, dan keturunan Jawa seperti Leroy Gerald Resodihardjo.
Selain pemain sepakbola, masih ada segudang tokoh terkenal dunia yang punya darah Indonesia. Mulai dari atlit, seniman, model, astronom, hakim agung, reporter, ahli persenjataan, politisi, hingga presiden dan perdana menteri. Singapura pernah punya Perdana Menteri keturunan Indonesia, yakni Lee Kuan Yew yang berdarah
Semarang dan Pontianak dari kedua neneknya. Bahkan presiden pertama Singapura, Yusof Ishak, yang wajahnya diabadikan dalam pecahan uang kertas Singapura, merupakan keturunan Minangkabau, Sumatera Barat. Zubir Said, sang pencipta lagu kebangsaan Singapura juga lahir di Bukittingi, Sumatera Barat.
Malaysia lebih ajaib lagi. Sejak Malaysia berdiri, negara itu baru memiliki enam orang Perdana Menteri, dan separuhnya adalah keturunan Indonesia. Tun Abdul Razak (Perdana Menteri ke-2 sekaligus bapak pendiri Malaysia), Najib Tun Razak (anak dari Tun Abdul Razak sekaligus Perdana Menteri Malaysia saat ini), dan Abdullah Ahmad Badawi (Perdana Menteri Malaysia ke-5) semuanya adalah keturunan Bugis, Sulawesi Selatan.
Mereka semua made-in Indonesia.
Itulah fakta-fakta yang mencengangkan kita, bisa membanggakan dan bisa memalukan nama Indonesia. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta sejarah yang masih terkubur atau yang masih (sengaja) dirahasiakan, yang mungkin sebentar lagi akan terkuak. Tunggu kelanjutannya.

Iklan

10 fakta ilmiah tentang cinta yang belum tentu kamu tahu

Fakta unik nih, tp yg ini mengenai fakta cinta. Apa yg terlintas di dalam pikiranmu saat mendengar kata cinta. Iya, cinta memang sebuah topik yg gak akan prnh bisa habis untuk dibahas. Cinta seringkali menjadi tema bagi film-film bioskop, cinta sering kali menjadi tema sebuah lagu populer dan cinta juga yang menjadi tema pokok setiap novel yang laris manis di jajaran toko buku.
cinta, topik yang gak pernah berhenti

Tapi bicara tentang cinta gak melulu hanya terkait dengan emosi dan perasan semata lho! Hah? Kenapa begitu?*Biasa aja kali bacanya wkwk* 

so, lgsg aja nih. 10 fakta ilmiah tentang cinta yang belum tentu kamu tahu. Check this out!

1. Jatuh Cinta Dari Hidung Turun Ke Hati

Sepertinya mulai saat ini slogan jatuh cinta itu dari mata turun ke hati harus mulai diganti dengan slogan cinta itu datang dari hidung turun ke hati, deh.
Pasalnya sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Huddinge University Hospital terhadap 12 orang pria dan wanita memberikan hasil bahwa feromon memiliki andil untuk menghasilkan perasaan naksir, suka, cinta bahkan hingga gairah seksual pada seseorang. Penelitian tersebut menghasilkan data bahwa hormon estrogen (pada wanita) maupun hormon testosteron (pada pria) akan bereaksi setelah mencium wewangian serupa feromon.

2. Jatuh Cinta Itu Bikin  Kecanduan

Jatuh cinta itu memang adiktif banget kan?! Bahkan bagi orang yang pernah merasakan pahitnya cinta, dia gak akan mungkin bisa menolak candu yang satu ini, jatuh cinta. Hal ini wajar kok, karena pada saat kita jatuh cinta otak kita mengeluarkan zat dopamin, yaitu zat yang akan memberikan efek candu pada kita.
Udah tau kan efek candu yg bakal buat kita merasa senang dan bahagia?! Karena alasan ini pulalah orang sering kecanduan untuk merasa jatuh cinta dan merasa tak bisa hidup bahagia tanpa cinta. Terus mau milih kecanduan candu beneran atau mau mencandu cinta?

3. Ya, Kamu Memang Bisa Gila Gara-Gara Cinta

Saat kamu naksir seseorang, pasti ada kalanya kamu merasa hampir-hampir gila. Gimana gak gila, saat kalian naksir seseorang kalian pasti akan sering terbayang-bayang orang yang kamu taksir, tidak bisa berhenti memikirkannya ataupun menghilangkannya dari pikiranmu. Istilah kerennya sih makan tak enak, tidurpun tak nyenyak, hanya terbayang dia seorang.
Nah, kalau udah begini salahkan zat serotonin yang ada di dalam otakmu. Serotonin adalah salah satu hormon yang mempengaruhi mood dan sikap seseorang. Ketika kalian jatuh cinta, otakmu akan dibanjiri hormon ini sehingga kamu akan merasa riang, senang, nafsu makan bertambah, dan selalu memikirkan orang yang kamu taksir.

4. Cinta Bahkan Bisa Membuatmu Buta

Sering dengar pepatah cinta itu buta kan?! Cinta itu memang sering bikin kita buta, terlebih lagi buta tenang segala kekurangan pasangan, yang jelas di mata kita pasangan kita adalah yang terhebat, tercantik, terganteng, sempurna dan yang menyempurnakanmu. Tapi ternyata kebutaan ini penting untuk ada lho!
Bayangkan jika pasangan yang telah menikah dan telah dikarunia anak, sembuh dari kebutaannya dan melihat pasangannya tak lagi sempurna? Apapun yang dilakukan oleh pasangannya selalu salah, tak pernah ada benarnya. Sedikit-sedikit ngambek, sedikit-sedikit pecah perang dunia yang entah kapan selesainya.
Intinya, kebutaan itu penting untuk membuat hubunganmu tetap langgeng. Tapi jangan salah pilih pasangan ya, carilah pasangan yang akan  membawamu ke puncak kesuksesan lalu butakan matamu dari semua kekurangannya dan terima dia apa adanya. Lagipula di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, betul gak?!

5. Baik Cewek Maupun Cowok Harus Memiliki Testosteron Yang Cukup Untuk Saling Jatuh Cinta

Jangan kira hanya kaum adam yang memiliki hormon testosteron, para kaum hawa juga memiliki hormon ini di dalam tubuhnya, walaupun jumlahnya memang kecil sih. Nah, hormon testosteron inilah yang berperan untuk membuat kita jatuh cinta dan berani melakukan PDKT pada si dia yang membuat hati kita bergetar.

6. Kita Cenderung Mencari Pasangan Yang Mirip Dengan Orang Tua Kita

Orang tua adalah orang yang membesarkan kita, kita besar dan hidup dengan figur mereka sejak kecil. Kita merasa aman, disayangi dan dilindungi oleh kedua orang tua kita. Karena itu menjadi hal yang wajar apabila kita, secara sadar maupun tidak sadar, tertarik kepada sosok yang hampir mirip atau mengingatkan kita dengan mereka, entah itu postur tubuh, bentuk muka, sifat dan kepribadian hingga kebiasaan-kebiasaan kecil mereka.

7. Atau Yang Mirip Dengan Kita

Banyak orang yang bilang kalau jodoh itu pasti akan memiliki kemiripan satu sama lain. Oleh karena itu jika kamu tidak tertarik dengan orang yang mirip dengan kedua orang tuamu, bisa jadi kamu lebih tertarik pada orang yang mirip denganmu. Bahkan penelitian menemukan bahwa setiap pasangan akan memiliki beberapa kesamaan dalam beberapa hal seperti volume pernafasan, panjang jari tengah, daun telinga dan ukuran kuping secara umum, hingga kecepatan metabolisme kita.

8. Cinta Yang Romantis  Sebenarnya Hanya Mampu Bertahan Selama Satu Tahun

Banyak yang bilang kan jika setahun pertama dari hubunganmu adalah saat yang paling krusial? Jika kamu dan pasanganmu mampu melewati satu tahun ini dengan baik, maka tahun-tahun berikutnya hubungan kalian tidak akan mengalami terlalu banyak masalah dan justru semakin bertambah kuat.
Dan ternyata para ahli bisa menjelaskan mengapa ini terjadi lho! Menurut para ahli, setelah satu tahun otak kita tidak dapat memproduksi hormon-hormon “candu” (dopamin dan serotonin). Akibatnya, tentu saja hubungan kita menjadi tidak terlalu menggebu-gebu seperti pada saat awal kita jatuh cinta. Karena itu biasaanya pasangan yang telah melewati satu tahun, hubungan cinta mereka akan menjadi lebih stabil.
Untuk menghadapi tahap ini dan memperkuat sebuah hubungan cintamu, ada baiknya kamu dan pacarmu sering melakukan hal-hal positif yang akan saling mendekatkan kalian, seperti mengobrol bersama, makan bareng, hingga jogging dan berolahraga bersama.

9. Kupu-Kupu Di Perutmu Itu Benar Adanya, Dan Dia Bernama Adrenalin

Sama seperti sebuah lagu yang mengatakan kalau jautuh cinta itu berjuta rasanya
Saat jatuh cinta dan bertemu dengan orang tersebut seringkali kamu akan merasa jantungmu berdebar, keringat dingin, salah tingkah, tak bisa berhenti tersenyum. Perasaan ini juga akan disertai dengan perasaan geli-geli aneh nan magis, seolah-olah ada kupu-kupu yang berterbangan di dalam perutmu.
Tapi tenang, para ahli telah menemukan alasan kenapa kamu harus merasa seperti ini saat kamu jatuh cinta. Saat kamu jatuh cinta, tidak hanya bertemu dengan orang yang kamu sukai, memandang fotonya saja sudah cukup untuk membuat otakmu memproduksi adrenalin yang membuatmu merasakan sindrom jatuh cinta seperti di atas.

10. Begitu Juga Dengan Yang Namanya Patah Hati

Tapi cinta tidak selamanya manis bukan bees?! Ada kalanya, cinta tidak selalu terasa manis untukmu, bahkan mematahkan hatimu. Sedih karena ditolak gebetan, sakit karena dikhianati pacar tercinta, hingga pedihnya perpisahan dengan kekasih terkadang harus kamu rasakan.
Menurut penelitian, ternyata kita itu benar-benar bisa mengalami patah hati. Beberapa hal yang tidak mengenakkan seperti ditolak, dikhianati, putus dengan pacar, perceraian, atau pasangan kita telah tiada, benar-benar dapat menyebab kangangguan pada hati kita. Gangguan ini bisa berupa nyeri di dada, seolah kamu akan terkena serangan jantung. Jika kamu mengalami hal-hal seperti ini, maka kamu sedang mengalami Broken Heart Syndrom.

Itu dia, fakta-fakta cinta yang  mungkin belum tentu kamu tahu, fakta mana nih yang belum kamu tahu sebelumnya?

24 FAKTA MENARIK WARNA MERAH

 

 

1. Merah juga berarti “indah/ cantik”dalam bahasa Rusia.

2. Kata “ruby” berasal dari kata “Rubens”dalam bahasa Latin, yang berarti “merah”.

3. Warna merah tidak benar-benar membuat banteng marah, Banteng sebenarnya buta warna.

4. Setidaknya ada 23 nuansa yang berbeda dari krayon merah.

5. Garis-garis merah di Bendera AmerikaSerikat artinya berdiri untuk keberanian.

6. Pengantin Cina tradisional mengenakan gaun pengantin bewarna merah untuk keberuntungan, Di Cina merah diasosiasikan dengan keberuntungan dan keberuntungan.

7. Melihat warna merah bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat.

8. Sedikitnya dua persen orang di Amerika Serikat memiliki rambut bewarna merah.

9. Dalam warna budaya Cina, merah berhubungan dengan lima elemen utama, arah dan empat musim. Merah dikaitkan dengan musim panas, api dan arah Selatan.

10. Di Jepang warna merah adalah warna tempat/kuil perlindungan Shinto.

11. Di Inggris, bilik telepon merah dan decker merah bus tingkat adalah ikon nasional.

12. Di India, tanda merah di dahi dikatakan membawa keberuntungan.

13. Merah adalah warna yang paling terkait dengan Uni Soviet selama pemerintahan komunis, Bolshevik menggunakan bendera merah sebagai simbol mereka ketika mereka menggulingkan tsar pada tahun 1917.Itu adalah bagaimana merah menjadi warna komunisme.

14. Warna merah memiliki pengaruh untuk manusia secara mental dan fisik, ini beberapa pengaruhnya :

Meningkatkan semangat
Merangsang energi
Mendorong tindakan dan keyakinan
Rasa perlindungan dari ketakutan dan kecemasan

15. Dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah melaporkan keberhasilan mereka dalam penggunaan cahaya merah yang efektif dalam pengobatan sakit kepala migrain dan kanker.

16. Perempuan/ Pria yang menggunakan warnamerah membuat lawan jenisnya lebih tertarik.

17. Merah adalah warna pemenang .

19. Warna merah sering menjadi warna khaspakaian tradisional untuk pernikahan.

20. Di zaman romawi kuno, bendera merah adalahsimbol untuk memulai pertempuran.

21. Karena efek visual, tanda berhenti, lampumerah, lampu rem, dan peralatan api semuadicat merah.

22. Orang mesir kuno “menganggap” diri merekaadalah bagian dari “ras merah”, dan mereka memberi penekanan dengan mengecattubuh mereka dengan warna merah.

23. Warna merah sebagai warnaberkabung/ duka cita ? hanya di afrika selatan ! .

24. Kata “red” banyak digunakan di frase katadalam bahasa inggris.

Fakta Unik Sepak Bola

 

 

1. Semasa kecil, Cesc Fabregas diberi jersey #4 Barca milik Pep Guardiola oleh si empunya
langsung, sebagai penghibur karena kedua orang tuanya yg bercerai.

2. Gianluigi Buffon direkrut Parma tahun 1991 sbg gelandang , tak sengaja menjadi kiperpengganti ketika 2 kiper utama cedera tahun 1995 saat dia berusia 17 tahun.

3. Samir Nasri masih menjadi anak gawang saat Marseille bertemu Real Madrid, sebelum 6 bulan kemudian bermain untuk tim utama Marseille.

4. Manuel Neuer adalah anak gawang di pertandingan Final UCL 2004 ketika Mourinho membawa Porto menjadi juara.

5. Dimitar Berbatov pernah diculik seusai ia berlatih di klub masa remajanya , CSKA Sofia ,ia tertolong krn berhasil menelepon ayahnya yg lalu membebaskannya.

6. Terdapat 1442 klub yg terdaftar bernama Juventus di seluruh dunia.

7. Legenda timnas Inggris , Gary Lineker tidak pernah menerima kartu baik kuning maupun merah sepanjang 14 tahun karirnya.

8. Pierluigi Collina adalah satu 2nya wasit yang pernah mewasiti final Olimpiade, final Liga Champions, final Piala Dunia & final Piala UEFA.

9. Sebelum Liverpool berdiri, Everton pernah berkandang di Anfield selama 8 tahun.

10. Elton John adalah presiden seumur hidup Watford FC.

11. Apa ksamaan Fernando Torres, Gennaro Gattuso & Shunsuke Nakamura ? Benar,ketiganya menggilai serial kartun Jepang: Kapten Tsubasa !

12. Meskipun terkenal dengan kegagalannya mengeksekusi penalti di final Piala Dunia 1994. Roberto Baggio adalah pemain Italia yang paling banyak mencetak gol dari tendangan penalti : 106 gol

13. Pierre Emerick Aubameyang berlari 30 meter dalam waktu 3,7 detik, lebih cepat dari Usain Bolt ketika membuat rekor dunia 100m thn 2009. (Edited)

14. Mark Viduka dan Luka Modric merupakan saudara sepupu.

15. John Terry mencetak gol lebih banyak dari Andres Iniesta di level klub profesional.

16. Arnor dan Eidur Gudjohnsen dr Islandia menjadi satu2nya pasangan Ayah dan Anak yg bermain dalam 1 pertandingan, saat itu Arnor berumur 34 dan Eidur 17tahun.

17. Juara liga Italia disebut scudetto, ini merujuk pada perisai ato scudo di kostum tim juara. Scudetto sendiri berarti perisai kecil.

18. Sebuah pertandingan di Tanzania thn. 1978 hrus ditunda, stelah wasitnya ditangkap di lapangan krn dituduh menghisap ganja sesaat sebelum kick off.

19. Gelandang Schalke 04 , Kevin Prince Boateng pernah membeli 3 mobil dalam sehari:Lamborghini , Cadillac dan Hummer

20. Man. City menjadi tim Inggris ke 3 (Arsenal n Chelsea) yg bermain tanpa pemain asli Inggris dalam 1 pertandingan UCL.

21. Pele sepanjang karirnya mencetak 92 hattrick, 31x mencetak 4 gol, 6x mencetak 5 gol, dan 1 kali mencetak 6 gol.

22. Simon Mignolet fasih 5 bahasa dan mempunyai gelar dalam Ilmu Politik.

23. Stamford Bridge awalnya dibangun untuk tim Fulham.

24. David Beckham mengidap Ornithophobia (takut akan burung).

25. Dari tahun 1994 hingga 1998, Liga Premier Inggris punya kartu kuning, kartu merah dan kartu berwarna Teal (hijau kebiruan). Kartu warna Teal digunakan untuk pelanggaran yang akan ditinjau oleh Instant Replay.

26. Bermain sepakbola di Mississippi ilegal sampai tahun 1991.

27. Carlos Caszely (pemain Chili) adalah pemain yang terkena kartu merah pertama di Piala
Dunia, tgl, 14 Juni 1974.

28. Timnas negara Eropa selalu mencapai final di setiap gelaran Piala Dunia,kecuali tahun 1930
dan 1950.

29. Alessandro Del Piero bermain sebagai penjaga gawang di tim junior San Vendemiano tahun 1981 sebelum menjadi second striker di Padova 1988.

30. Roy Keane awalnya berlatih dI klub tinju pada usia 9 sampai akhirnya masuk klub Rockmount AFC junior.

31. Wayne Rooney pernah menerima hadiah ultah dari frontman Oasis Noel Gallagher , berupa gitar biru bertuliskan lirik anthem Man . City & memanggilnya dg Spongebob.
32.Filippo Inzaghi menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol dalam semua kompetisi klub internasional untuk tim Eropa

33.Eric Cantona saat di tim junior SO Caillolais tahun 1981 sering bermain sebagai penjaga gawang

34.Tahun 2010 Rio Ferdinand mencatat rekor mencengangkan, ia hanya membuat 2 pelanggaran dlm 1443 menit pertandingan

35.Ryan Giggs sempat akan direkrut oleh Liverpool dan Manchester City saat berumur 14 tahun, tapi mereka ragu sehingga direkrut MU

36.Xavi, Iniesta & Puyol meraih gelar Piala Dunia, Piala Eropa, UCL, La Liga, Piala Raja, Piala Super Eropa, Super Spanyol & PD antarklub hanya dalam kurun 2 tahun

37.Sebagai perbandingan Zidane mraih gelar Piala Dunia, Piala Eropa, UCL, La Liga, Piala Raja, Piala Super Eropa, Super Spanyol & Intercontinenta­l Cup dalam waktu 5 tahun

38.Barcelona tidak pernah absen dari kompetisi eropa sejak tahun 1955

39.Arsenal Ladies adalah klub paling sukses di sepakbola wanita inggris, mereka memenangi liga sejak 2000-2010, 7 FA cup & 4 piala liga sejak 2000

40.Carragher, McManaman, Owen, Rush, Fowler, Stephen Wright & Tony Warner adalah nama nama Evertonian yg ‘membelot’ ke Liverpool

41.Istri Sir Alex Ferguson melarang suaminya untuk menyimpan semua hal yg berbau sepakbola d rumahnya, termasuk semua medali yang diperolehnya

42.Milan & Juve adalah klub yg pemainnya paling banyak meraih Ballon d’Or (8x), diikuti Barca (7), Real Madrid (6), Munchen (5) & MU (4)

43.Xavi Hernandez berlari sejauh jarak Mega Kuningan-Ancol dalam final UCL 2011

44.Gaji Lionel Messi setahun cukup untuk membeli sebuah pesawat jet Sukhoi Su-27 lengkap dengan amunisinya

45.ohn Terry, kapten Chelsea hanya akan kencing di toilet yang sama di Stamford Bridge. dan memarkir mobil d tempat yang sama pula,John Terry pernah menjadi kiper waktu melawan Reading pada tahun 2006

46.Legenda Arsenal, Ian Wright, awalnya adalah seorang tukang plester 1985. Palace merekrut dirinya dengan mengontraknya dengan satu set anak timbangan

Dibalik Fakta dan Mitos Olahraga

 

Mitos : Semakin banyak berolah raga, maka akan semakin bagus.

Fakta : Salah, dan begitu pula sebaliknya. Olah raga tidak harus selalu bersifat berat, atau berkeringat juga belum tentu bagus. Olah raga sama halnya dengan obat, untuk mendapatkan hasil yang optimal, jenis, frekuensi, serta intensitas juga penting untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan.

 

Mitos : Saya rajin berolah raga, jadi saya bebas untuk mengkonsumsi apa saja.

Fakta : Tidak tepat. Bisa makan apa saja bukan berarti bisa makan kapan saja dan berapa saja. Jika jumlah kalori yang masuk sesuai dengan jumlah kalori yang terbuang tidak masalah. Tapi, jika kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar, ini adalah salah.

 

Mitos : Olah raga pada malam hari akan menggagalkan program diet.

Fakta : Olah raga pada malam hari tidak meningkatkan nafsu makan. Namun ketika anda olah raga terlalu berat pada malam hari, anda hanya akan merasakan susah tidur. Di saat kondisi tersebut, biasanya orang akan makan atau ngemil. Atau jika memilih tidur dalam keadaan lapar, maka orang akan terbangun dalam kondisi perut yang lapar berat.

 

Mitos : Olah raga itu harus sakit.

Fakta : Jika anda ingin menjadi atlet, anda memang harus melakukan olah raga di atas rata-rata. Namun jika anda hanya ingin mendapatkan tubuh sehat, filosofi ini adalah salah. Olah raga berat juga harus dilakukan setelah anda berkonsultasi dengan dokter serta mendapatkan persetujuannya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari cedera permanen.

 

Mitos : wanita yang berolah raga angkat berat akan memiliki tubuh seperti pria.

Fakta : Tidak benar. Wanita tidak harus menghindari olah raga jenis angkat berat. Kalaupun ada wanita yang memiliki otot seperti pria, hal tersebut dapat dipastikan karena pengaruh eksternal. Misalnya seperti mengkonsumsi hormon testosteron.

 

Mitos : Sit-up mampu memangkas lemak perut.

Fakta : Itu tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya dengan berjalan kaki saja mampu mengikis lemak perut. Selain itu, efek sit-up bagi setiap orang tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi dan tergantung dari berat serta tinggi badan.

 

Mitos : Berenang adalah olah raga yang peling tepat untuk mengurangi lemak.

Fakta : Salah. Olah raga di air justru akan membuat suhu tubuh menjadi dingin, sehingga akhirnya membuat perut lapar.

 

Mitos : Bersepeda dapat menimbulkan resiko kesehatan, terutama mandul.

Fakta : Tidak sepenuhnya benar, begitu juga dengan resiko kanker. Ketika bersepeda, memang akan menimbulkan gesekan yang menimbulkan panas. Panas tersebut dapat mengaktifkan sesuatu yang tadinya tersembunyi. Jika sejak awal sudah ada masalah seperti bibit kanker, kemungkinan kanker muncul memang ada. Namun bukanlah bersepeda menjadi penyebabnya. Untuk mencegahnya, istirahatlah usai bersepeda. Pastikan sirkulas udara baik, sehingga panas cepat hilang.

 

Mitos : Bersepeda dapat menyebabkan wanita hilang keperawanan.

Fakta : Salah. Hal ini dikarenakan selaput dara berada di dalam dan tidak mungkin rusak hanya karena bersepeda.

 

Mitos : Berlari di siang hari menggunakan jaket akan membuat berat badan cepat turun.

Fakta : Udara di siang hari memang lebih mudah membuat tubuh cepat berkeringat, kemudian jaket akan membuat tubuh semakin panas. Namun sebenarnya yang hilang bukanlah lemak, tetapi cairan tubuh. Kemudian kebiasaan ini akan membuat organ tubuh lainnya menjadi terganggu, seperti jantung dan ginjal. Karena kekurangan cairan akan membuat darah mengental, dan pada saat kondisi tersebut jantung dan ginjal akan bekerja lebih keras untuk memompa dan menyaring darah.

 

Mitos : Tidak boleh mandi air dingin setelah berolah raga.

Fakta : dari sisi kesehatan, tidak ada pengaruh yang ditimbulkan dari suhu air untuk mandi. Tapi jika olah raga berat, akan lebih baik jika anda bersantai terlebih dahulu sebelum mandi hingga badan tidak berkeringat. Dan sebenarnya hal ini hanya bertujuan untuk kenyamanan, karena jika mandi dalam keadaan berkeringat, maka badan akan tetap berkeringat setelah mandi sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman sekalipun habis mandi.