Penemu Yang Berpengaruh Dari Indonesia

Indonesia memang belum menjadi negara superpower seperti Amerika dan sebagian besar negara di Eropa. Tapi kita harus bangga, bahwa ternyata ada banyak penemuan penting yang ditemukan oleh ilmuwan yang lahir di bumi pertiwi tercinta. Siapa sangka bahwa telepon satelit yang tidak akan kehilangan sinyal di manapun itu ternyata ditemukan oleh putra bangsa Indonesia?

5 Ilmuwan ini akan menjadi motivasi bagi Anda untuk terus berkarya. Selain telepon satelit, penemuan kelas dunia apalagi yang membuat nama Indonesia makin harum dan memberi semangat untuk terus berkarya?

1. Warsito Purwo Taruno – Penemu Pembasmi Kanker

Laki-laki asal Karanganyar, Jawa Tengah ini penampilannya sederhana dan raut wajahnya juga tidak terlihat serius sekali seperti gambaran ilmuwan yang ada di televisi. Namun siapa sangka, ia telah menemukan beberapa alat yang kini digunakan oleh perusahaan-perusahaan minyak kelas dunia dan juga bisa menyembuhkan kanker yang ganas di dalam tubuh manusia? Ya, penemuannya ini telah terbukti menyembuhkan kakak perempuannya dari kanker payudara dan seorang remaja laki-laki dari kanker otak yang dideritanya.

Alat yang konsepnya 4 dimensi ini terbagi menjadi beberapa fungsi yaitu brain activity scanner, breast activity scanner, brain cancer electro capacitive therapy, dan breast cancer electro capacitive therapy. Cara kerjanya adalah mendeteksi sel-sel kanker yang ganas dan membunuhnya hingga bersih tak bersisa. Kini penemuannya sudah dipakai di rumah sakit besar di beberapa negara yaitu  Indonesia, India, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Eropa, China, dan Taiwan.

2. B.J Habibie – Mantan Presiden Sekaligus Ilmuwan Pemecah Masalah Rumit Dunia Penerbangan

Tanpa ada otak brilian dari laki-laki berusia 78 tahun ini, mungkin pemilik maskapai harus menelan kepahitan pesawat tiba-tiba rusak dan jatuh berulang kali. Sejak pertama kali alat transportasi udara ini ditemukan, ada beberapa masalah besar yang melingkupinya.

Beberapa di antaranya adalah keretakan yang terjadi pada bodi pesawat karena ‘kelelahan’ serta konstruksi bagian belakang pesawat yang sering tidak stabil. Siapa yang bisa memecahkan cara untuk mengatasinya? Kenalkan, beliau adalah B.J Habibie, Presiden ketiga R.I dan ilmuwan kehormatan di Jerman.

Memiliki kecerdasan yang tidak tertandingi dan juga sifat pantang menyerah membawanya kuliah di Jerman dan juga bekerja di HFB (Hamburger Flugzeugbau). Di perusahaan ini, ia dimasukkan ke tim riset dan pengembangan, diberikan PR yang cukup fantastis yaitu menemukan solusi atas masalah-masalah di atas. Di tangan suami Hj. Almh. Ainun Habibie ini, dalam kurun waktu 1 tahun saja beberapa ketakutan akan pesawat terbang bisa diatasi. Keren banget kan?

3. Ricky Elson – Dapat Gaji Hibah Dari Dahlan Iskan Atas Penemuan Mobil Listriknya

Dahlan Iskan bisa dibilang sebagai salah satu Menteri paling kompeten di masa pemerintahan SBY 2009-2014 kemarin. Komitmennya untuk memajukan teknologi di Indonesia tidak main-main. Ia menghibahkan gajinya sebagai Menteri BUMN untuk Ricky Elson yang ia minta untuk mengembangkan mobil listrik agar Indonesia menjadi pionir penemu mobil tanpa BBM pertama di dunia.

Ricky Elson masih muda, usianya 34 tahun dan punya semangat tinggi untuk memberikan sumbangsih pada bangsanya. Walau Ricky tidak mengenyam pendidikan strata 1, namun kecerdasan dan idenya tidak bisa disepelekan. Ia bersama timnya membuat mobil listrik yang diberinama Selo dan Gendis, dipamerkan di KTT APEC yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2013 di Denpasar, Bali. Tuh kan, salah satu bukti bahwa jika mau terus belajar, tidak sekolah s1 pun tidak masalah.

4. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo –  Radar Satelit Bumi Temuannya Dipakai Oleh Ratusan Negara

Ia merupajan penemu dan pemegang paten  antena mikrostrip (antena berbentuk cakram berdiameter 12 sentimeter dan tebal 1,6 milimeter) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan satelit, dikutip dari wikipedia.

Lewat pusat penelitiannya, ia memberikan beasiswa pada murid SD hingga universitas untuk melanjutkan pendidikan. Ia percaya bahwa banyak anak Indonesia yang berpotensi untuk menjadi penemu hebat di masa depan. That’s why, ia tidak segan mengucurkan dana untuk mewujudkan hal ini. Salut sekali pak!

5. Adi Rahman Adiwoso – Menyambungkan Seluruh Dunia Via Telepon Satelit Temuannya

Pernahkah Anda membayangkan, tinggal di pelosok Indonesia atau sedang ada tugas di nun jauh pedalaman sana, di mana tidak ada sinyal provider selular satupun yang nyaut di HP Anda? Nah lo, kalo tersesat bagaimana? Kalau butuh komunikasi? Silahkan bernapas lega, Adi Rahman Adiwoso memecahkan masalah ini. Ia menemukan telepon satelit yang terhubung langsung dengan satelit di atas sana, jadi no signal? no problem.

Adi Rahman memanfaatkan satelit garuda 1 untuk mewujudkan gambaran teknologi telepon satelit ini. Menyadari bahwa masih banyak blank spot alias daerah yang tidak terjangkau sinyal provider di dunia ini (misalnya saja: di dalam hutan, lepas pantai dan masih banyak lagi) Adi terpacu untuk membuat inovasi ini. Berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk satelit dan pirantinya, Adi Rahman telah membantu Indonesia keluar dari susahnya berkomunikasi di blank spot. Ia dan timnya  membebaskan 2.975 desa di 40 kabupaten di Indonesia dari isolasi telekomunikasi dengan perangkatnya yang berbasis satelit.

Bangga saja pada mereka tidak cukup, tapi mengapresiasi dan juga terus berinovasi juga menjadi langkah penting agar Indonesia terus mencetak generasi berkualitas dan berdedikasi. Penemuan tidak harus boombastis tapi bermanfaat bagi banyak orang. Setuju?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s