Alasan Kenapa Rasa Sedih Begitu Awet Di Rasakan

Perasaan senang atau marah bisa hilang sekejap saja di benak banyak orang. Justru sebaliknya, ketika sedih, perasaan tersebut seolah-olah bisa awet bertahan di benak Anda. Tak perlu bingung, sebuah studi menemukan penyebab ‘awetnya’ perasaan sedih itu kok.

Berdasarkan data dalam studi di Catholic University of Leuven, Belgia, sedih merupakan perasaan yang paling lama bertahan dibandingkan 4 emosi lainnya yakni marah, berharap, bangga, dan antusias. Pada dasarnya, terdapat dua faktor yang memengaruhi bertahannya sebuah perasaan.

“Perasaan yang terkait dengan peristiwa besar dalam hidup misalnya kehilangan orang tercinta bisa akan lebih lama hilang karena berhubungan dengan kenyataan yang ada. Semakin nyata peristiwa yang dirasakan maka emosi yang berhubungan dengan peristiwa itu akan semakin awet,” terang psikolog Philippe Verduyn, salah satu penulis studi.

Sama halnya dengan ketika seseorang baru diterima bekerja, antusiasnya akan lebih tinggi karena saat itu tumbuh harapan dari peristiwa yang terjadi, yakni adanya pekerjaan dalam kehidupan yang bersangkutan, demikian ditambahkan Verduyn.

“Faktor kedua adalah ruminasi atau perenungan terhadap kejadian yang dialami yang membuat Anda sulit menghilangkan atau melupakan kejadian yang dialami sehingga perasaan Anda akan membekas lebih lama,” lanjut Verduyn.

Padahal, menurut Verduyn perenungan tidak berarti apa-apa dan justru memperburuk pada keadaan seseorang. Oleh karena itulah, dengan cara kerja pasif, dikatakan Verduyn, makin sering merenung setelah terjadi sebuah peristiwa maka semakin sulit Anda melupakan peristiwa tersebut.

“Jika peristiwa itu positif atau membahagiakan pastinya sangat menguntungkan. Tetapi jika peristiwa negatif yang selalu Anda renungkan pastinya akan berdampak buruk pada diri Anda,” kata Verduyn dalam Journal Motivation and Emotion

Untuk membantu mempercepat hilangnya ingatan buruk atau peristiwa negatig, Verduyn menyarankan Anda untuk bisa mengalihkan waktu agar tidak ada ruang kosong untuk merenung peristiwa menyedihkan yang Anda alami.

“Selain melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Anda, meditasi juga bisa membantu Anda. Tetapi bukan berarti kita harus menghapus segala kenangan buruk dalam hidup kita sebab masa lalu penting juga untuk kita dalam menentukan keputusan di masa depan,” pungkas Verduyn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s