5 Nutrisi ini berbahaya jika dikonsumsi berlebihan

Kita semua tentu sudah tahu ada bahan makanan yang sebaiknya dibatasi, seperti gula dan sodium atau garam. Namun selain bahan makanan yang memang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, ada juga makanan sehat yang tak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan.

Beberapa nutrisi memang harus dipenuhi, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Lebih banyak belum tentu selalu baik. Hal itulah yang berlaku bagi beberapa nutrisi berikut ini, seperti dilansir oleh Huffington Post (12/11).

1. Asam Lemak Omega-3 

Asam lemak ini bisa membantu untuk mencegah peradangan dan mencegah proses penuaan. Tak hanya itu, asam lemak omega-3 juga diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan depresi. Namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak omega-3 bisa mengubah fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengganggu kemampuan tubuh untuk menghadapi bakteri atau infeksi. Omega-3 bisa didapatkan melalui telur, jus jeruk, dan sereal. Jika Anda sudah banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3, sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen omega-3.

2. Vitamin C 

Selain untuk mendukung kekebalan tubuh, vitamin C dibutuhkan untuk membantu menyembuhkan luka, menjaga kesehatan tulang, pembuluh darah, dan kulit. Selain itu, vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan yang bisa mencegah proses penuaan dan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. Meski vitamin C terbukti menyehatkan, namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak vitamin C bisa mengganggu pencernaan, menyebabkan diare, mual, muntah, sakit kepala, insomnia, dan meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

 

3. Zinc

Zinc (zat seng) ditemukan pada setiap sel dalam tubuh. Mineral yang satu ini penting untuk sistem kekebalan tubuh, terutama untuk kesehatan mata, indera penciuman, pengecap, metabolisme, fungsi tiroid, serta menjaga tingkat gula dalam darah. Dalam satu hari, seseorang memiliki batas maksimum mengonsumsi zinc sebanyak 40 miligram. Jika zinc dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan sakit kepala, rasa lelah yang berkepanjangan, halusinasi, dan lainnya. Mengonsumsi zinc dalam dosis tinggi juga bisa melemahkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol buruk.

4. Zat besi

Kebanyakan zat besi dalam tubuh bisa ditemukan di sel darah merah untuk membantu membawa oksigen pda setiap sel. Namun mengonsumsi zat besi juga harus hati-hati, karena hanya sedikit saja zat besi yang dikeluarkan dari tubuh. Dengan kata lain, zat besi yang dikonsumsi biasanya berakhir di organ tubuh seperti lever dan jantung. Untuk itu sangat penting agar Anda tidak mengonsumsi zat besi secara berlebihan karena bisa menyebabkan tumpukan zat besi pada organ dalam tubuh yang nantinya bisa membahayakan.

5. Kalsium


Bicara tentang kalsium, kebanyakan orang akan berpikir tentang tulang karena di sanalah kalsium menumpuk. Namun kalsium juga dibutuhkan untuk fungsi jantung, saraf, dan otot. Meski begitu, konsumsi kalsium juga harus dibatasi agar tidak berlebihan. Mengonsumsi kalsium terlalu banyak bisa menyebabkan masalah ginjal seperti batu ginjal. Kalsium yang berlebihan juga bisa menyebabkan konstipasi dan mengganggu penyerapan zat besi serta zinc dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi secara cukup namun tidak berlebihan. Ingat bahwa tak semua yang lebih banyak itu lebih baik. Konsultasikan pada dokter atau ahli gizi mengenai suplemen nutrisi yang Anda konsumsi dalam sehari agar tidak berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s