Makan Yang Tercipta Tanpa Di Sengaja

Gagal, tapi jadi makanan populer dan favorit di dunia.

Tidak semua inovasi di dunia sengaja diciptakan. Begitu pula dengan makanan. Ada beberapa yang ditemukan karena unsur ketidaksengajaan. Uniknya, ketidaksengajaan itu justru menimbulkan kegunaan yang tak pernah diduga sebelumnya.

Fakta soal asal-usul makanan yang tercipta tanpa sengaja, terkadang mengejutkan. Misalnya, es krim cone yang mulanya diciptakan untuk pengganti piring makan. Mengutip laman Fox, berikut beberapa makanan lain yang juga terlahir tanpa sengaja.

Es loli 

Camilan lezat ini, ternyata ditemukan seorang anak kecil bernama Frank Epperson, tahun 1905. Frank lupa membawa masuk minuman sodanya ke dalam rumah saat musim dingin tiba. Keesokan harinya, minuman itu membeku.

Frank kemudian menariknya dengan tongkat kecil yang ditancapkan, dan mencicipinya. Rasanya lumayan. Ia pun menyebutnya epsicle. Tapi, teman-temannya lebih sering menyebut minuman beku itu dengan popsicle. Jadilah, kini ia disebut popsicle atau es loli.

Es krim cone 

Cone ini dibuat oleh Ernest Hamwi pada tahun 1904. Ia tengah mengikuti acara St Louis World Fair saat itu. Karena harus membagikan es krim kepada para pelanggan, Ernest kehabisan piring. Sebagai pengganti, ia menggulung wafel renyah yang dijadikan tempat es krim. Es krim cone pun populer.

Chocolate chips cookies 

Ruth Wakefield, pemilik penginapan House Inn di Wakafield, Massachusetts, mencoba menjamu tamunya dengan biskuit bertabur cokelat. Sayang, chocolate chip yang ditaburkan di atas biskuitnya tidak meleleh sempurna. Namun, kue gagal ini malah menjadi camilan favorit di seluruh dunia.

Corn Flakes

Tenarnya Kellogg sebagai merek corn flakes ternama, bukan tanpa alasan. Makanan ini memang diciptakan oleh Kellogg bersaudara. Tahun 1898, keduanya mencoba membuat granola. Namun, percobaan itu gagal, dan mereka justru mendapatkan corn flakes.

Yogurt 


Sekitar tahun 5000 SM, para peternak sapi menggunakan karung yang terbuat dari perut binatang Diduga, bakteri serta keasaman dari lapisan perut binatang itu membuat susu mengental. Terbentuklah yogurt. Kini, yogurt diciptakan dari susu yang sengaja difermentasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s