Jangan Biasakan Laptop Nyala Tanpa Baterai

 

Postingan ini merupakan pengalaman temen saya. Tujuan saya share agar Mudah-mudahan ini tidak terjadi sama kita juga.
Saya yakin kalian semua sampai detik  ini,  masih banyak yang punya kebiasaan jelek seperti menyalakan laptop tanpa Baterai.

Apakah Maksud dari itu?

Menyalakan laptop \ notebook tanpa batre (jujur saya bingung penulisan EYD yg benar nya Batre? Batere? Batrai? Āƥă Baterai?! Pokoknya gitu dah)  Kalo istilah anak kos-kosan mah hidupin pake “api” langsung, dengan alasan batrerai yang sudah gak nyimpen lagi, dicas 2 jam eh nahan cuma 2menit, atau mungkin beralasan agar awet baterai

Semua berawal dari cerita temen saya  yang kelewat pinter, terpengaruh oleh testimoni salah seorang temannya, yang  katanya sudah dia buktikan:

• Jangan menggunakan laptop saat sedang dicharging (kalimat ini sedikit ambigu, “sedang dicharging” itu maksudnya apaa? Pemborosan kata?!) Karena dapat merusak batere. Dan lanjutnya: Alternatif terbaik,  lepaskan saja batrai dengan cargher tetap terpasang.   

Tahukah anda?

Ternyata Batre laptop, yang katanya cuma tahan buat 2 menit itu pun masih mampu lho melindungi laptop kamu dari kerusakan fatal. Misal: listrik mati tiba2, apalagi skarang lagi musim2nya pemadaman bergilir toh?

Kalo pada PC (komputer meja) kita mengenal benda yang bernama UPS (Uninterruptible Power Supply). UPS adalah semacam jembatan pengaman yang jadi penghubung antara perangkat kompi kamu dengan jalur2 listrik.

NAH, disini fungsi batre laptop dan UPS itu sama.
Pada UPS terdapat batrai yang berfungsi menyimpan  listrik sementara melalui proses pengecasan, tenaga listrik ini otomatis menggantikan arus listrik dari PLN bila tiba-tiba terputus, mengalir ke peralatan yang terhubung sehingga dalam hal ini menghindarkan PC dari kematian tiba-tiba dan tetap menyala untuk beberapa menit sehingga  memberi kita jeda waktu untuk menshut down PC.

Jadi begitulah, hari2 selanjutnya jangan di teruskan membiasakan kebiasaan bodoh itu, hingga sampai dititik klimaks nya, sebagai suatu proses sebab akibat, sebab dikos-kosan temen saya yang dulu itu emang daya listriknya yang rendah, akibatnya setiap kali tetangga sebelah ada yang lagi mau nyalain alat elektronik mesti dah switch CB nya mental,
Sebab listrik yang sering terputus itu, akibatnya laptop temen saya itu yang selalu online juga ikut2an nyala – mati – nyala – mati.

Kejadian itu terus berulang ulang hingga akhirnya.. singkat cerita, itu laptop kesayangannya jatuh sakit, pas dinyalain mirip orang yang lagi kumat asma nya,
laptop dia jadi susah booting (baca: buting, bkan bunting bkan!).
Diopname, dan hasil diagnosa dari teknisinya adalah kerusakan pada bagian Motherboard nya (!!) Dan musti diganti baru.

“Pengalaman adalah guru yang berharga”.
Jujur saja seluruh opini yang tertuang dipost ini  tidak melalui proses riset dan penelitian, hanya mengandalkan kekuatan logika yang didasari pengalaman pribadi.

Trimakasih buat yang udah sudi menyia2kan waktunya buat ngelrik postingan ini.

Kesimpulannya :

1. Jangan pernah menyalakan laptop lansung dari colokan charger tanpa batrai, karena batrai adalah pelindung mesin laptop dari kejahatan listrik yg tak terduga datang dan perginya.
Mendingan batrenya yang jadi rusak\jadi bocor sob ketimbaang motherboardnya yang kena (yakinlah syumve), dengan kata lain jangan korbankan laptopmu demi menghemat Baterai.

2. Boleh saja menyalakan laptop tanpa batrai, asalkan kamu punya UPS dan pastikan  colokan laptop kamu terhubung dengan UPS tsb.
Nah buat yg belom punya UPS bisa sob bees dapatkan pada toko2 komputer terdekat, dan ingat sebelum membeli UPS konsultasikan dulu dengan penjual jenis UPS yang sesuai dengan kebutuhan daya laptop kamu.

3. Cara terbaik,
Gunakan laptop saat batre telah terisi penuh.
Hentikan penggunaan laptop saat indikator batere lowbatt, sebaiknya langsung dicas.
Jangan gunakan laptop saat charging.
Jangan cas terlalu lama, hentikan pengisian saat indikator batrai sudah penuh.

Dan terakhir, jgan keseringan online didunia maya, harus diimbangi dengan bersosialisasi didunia nyata,
itu lebih penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s