Tata Cara Mengendalikan Mimpi Dan Fakta Seputar Mimpi

https://gheovanchoff.files.wordpress.com/2012/12/11d28-mimpi.png

Diketahui secara ilmiah kita bisa mengendalikan mimpi pada kondisi mimpi tertentu. Ini kali apakabardunia akan membahas bagaimana caranya.

Patut disadari, mempraktekan teknik ini tidaklah gampang. Dibutuhkan latihan serta eksperimen berulang kali. Saya sendiri baru berhasil sekali dari puluhan kali mencoba. Kuncinya adalah kesabaran.

1. Langkah pertama, sebelum praktek di tempat tidur biasakan sering bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya bermimpi?” dan sambil mencubit tangan, pipi atau bagian tubuh lain. Tujuan latihan ini untuk membiasakan saat nanti kamu mencoba teknik mencapai lucid di tempat tidur.

2. Buatlah jurnal mimpi. Letakan buku jurnal tersebut dekat ranjang dan segera menulis mimpi kita saat bangun. Kalau malas menulis, bisa mengetik di komputer, atau direkam, intinya mencatat mimpi yang baru dialami.

3. Dengan memiliki jurnal mimpi, kita bisa mempelajari waktu-waktu saat kita mengalami mimpi. Seseorang masuk ke alam mimpi biasanya setelah 60 menit tertidur. Bila kita terbiasa mengingat mimpi kita, maka kondisi ini akan menolong saat nanti menggunakan teknik mencapai lucid (akan dibahas di poin 4).

4. Inilah saatnya praktek dengan teknik mencapai lucid. Sebenarnya ada banyak cara, namun yang kita bahas hanya dua saja.

Cara pertama disebut WILD atau Wake Indunce Lucid Dream, adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang akan langsung terhubung ke dunia lucid. Langkahnya sebagai berikut:

a. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa “saya akan melakukan lucid dream”.

b. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (misalnya membayangkan gradasi warna). Usahakan diri kamu tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep(tertidur pulas).

Catatan: Jangan praktekan bila tubuh sangat lelah, karena kita mudah tertidur dengan nyenyak. Setidaknya patokan ini cukup berhasil untuk sayaūüôā

c. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran, tarikan, dan lainnya. JANGAN PERNAH BERONTAK ketika fase ini terjadi.

d. Kamu akan segera masuk ke fase sleep paralyze. Satu hal terpenting adalah JANGAN MEMUNCULKAN RASA TAKUT. Pada fase ini kamu akan merasa seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh.

Cara kedua disebut MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.

Langkah-langkah :

a. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah.
b. Ketika terbangun oleh alarm, cobalah untuk mengingat mimpi sebanyak mungkin.
c. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan katakan pada diri sendiri, “Saya sadar sedang bermimpi”.

5. Buat tanda seperti misalnya coretan huruf di telapak tangan menggunakan pena/spidol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori bahwa “jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul”. Pada akhirnya nanti kamu bisa melihat tanda tersebut saat tertidur.

6. Biasakan melakukan cek realitas. Salah satu cara untuk melakukan cek realitas adalah mencari “tanda-tanda mimpi” (elemen yang sering terjadi selama bermimpi, seperti yang tertulis di jurnal mimpi kamu).

Ketika tindakan ini menjadi kebiasaan, seseorang akan mulai melakukannya dalam mimpinya, dan dapat sampai pada kesimpulan bahwa kamu sedang bermimpi.

Contoh: Lihat jam apakah masih berjalan konstan. Atau menutup hidung dan mencoba bernapas. Cubit tangan kamu sambil bertanya, “Apakah aku bermimpi?”

Hal ini ada hubungannya dengan latihan yang dibahas pada poin 1 dan 2. Kalau kita sudah membiasakan melakukan cek realitas, misalnya selalu mencubit tangan .

atau sensasi berbeda seperti saat sadar, artinya kita sudah dalam keadaan lucid.

—————–
Demikian salah satu cara mencapai kondisi lucid. Masih banyak metode lain yang mungkin kamu bisa cari tahu sendiri, lebih jauh bisa bertanya pada komunitas DreamViews. Sekali lagi, dibutuhkan banyak latihan agar berhasil mencapai kondisi lucid.

Ada beberapa hal positif kalau bisa berhasil, karena menurut penelitian lucid dream bisa membantu seseorang mengatasi mimpi buruk. Ya, kondisi lucid memungkinkan kita mengendalikan mimpi. Kita pun bisa bermain dengan imajinasi kita.

 

Dan juga Mimpi adalah salah satu pengalaman yang misterius sekaligus misterius bagi setiap orang. Tahukah Anda bahwa seseorang bisa punya empat sampai tujuh kali mimpi dalam semalam? Berikut ini The Bored Panda  membagikan berbagai fakta tentang mimpi lainnya yang harus Anda ketahui.

1. Anda lupa 90% mimpi. Saat Anda terbangun selama lima menit, Anda akan lupa setengah dari mimpi. Sementara dalam 10 menit, Anda sudah melupakan 90% mimpi itu.

2. Orang buta juga bermimpi. Orang yang buta setelah dilahirkan tetap bisa melihat dalam mimpinya. Namun orang yang terlahir buta tidak melihat gambar apapun. Mimpi mereka dibentuk dari suara, bau, sentuhan, dan emosi.

3. Setiap orang pasti bermimpi. Jika Anda berpikir Anda tidak bermimpi, itu artinya Anda lupa mimpi yang dialami. Sebab semua orang pasti bermimpi.

4. Dalam mimpi, Anda hanya melihat wajah yang sudah dikenal. Meskipun Anda tidak ingat dengan wajah yang Anda temui dalam mimpi, mereka tetap adalah orang-orang yang sudah Anda kenal. Sebab otak telah menampung ingatan wajah itu untuk dikeluarkan kembali dalam bentuk mimpi.

5. Tidak semua mimpi orang berwarna. Sebanyak 12% dari orang-orang di seluruh dunia punya mimpi yang tidak berwarna atau hanya hitam dan putih saja.

6. Mimpi adalah simbol. Jika Anda memimpikan tentang suatu hal, maka belum tentu mimpi itu benar-benar mengenai hal tersebut. Mimpi adalah simbol yang tidak bisa selalu diartikan secara langsung.

7. Emosi yang ada dalam mimpi. Emosi yang paling umum ketika bermimpi adalah rasa cemas. Kabar buruknya, emosi yang negatif juga lebih sering dirasakan daripada yang bersifat positif.

8. Mimpi empat sampai tujuh kali dalam semalam. Rata-rata Anda bisa bermimpi satu atau dua jam setiap malam. Jika ditotal, tidur semalaman bisa membuat Anda bermimpi empat sampai tujuh kali.

9. Hewan juga bermimpi. Coba perhatikan anjing. Terkadang saat tidur mereka seolah sedang berlari dan bersuara seolah tengah mengejar sesuatu. Itu artinya hewan juga bermimpi.

10. Tubuh lumpuh saat bermimpi. Selama bermimpi, otak memerintahkan tubuh agar lumpuh untuk menghindari gerak fisik di dunia nyata.

11. Penyatuan mimpi. Pikiran Anda bisa terpengaruh akibat stimulus yang berasal dari luar. Maka dari itu terkadang suara dari dunia nyata bisa masuk ke dalam mimpi Anda namun memiliki interpretasi yang berbeda.

12. Mimpi pria dan wanita. Pria cenderung bermimpi tentang pria lainnya. Sementara wanita sering bermimpi tentang wanita dan pria dalam jumlah yang sama.

13. Mimpi yang jadi nyata. Sebuah penelitian menyebutkan sebanyak 18-38% orang pernah mengalami mimpi yang menjadi nyata. Sementara ada 70% orang yang merasakan deja vu. Mempercayai mimpi bisa menjadi kenyataan juga meningkatkan kesempatan itu sebesar 63-98%.

14. Mendengkur sama dengan tidak bermimpi. Konon ketika Anda mendengkur, artinya Anda sedang tidak bermimpi. Memang belum ada penelitian tentang hal ini, namun banyak informasi tersebut yang tersebar di internet.

15. Anda bisa orgasme di dalam mimpi. Dengan¬†teknik lucid dream, Anda bisa orgasme di dalam¬†mimpi tanpa efek ‘basah’ seperti di dunia nyata.¬†Namun lucid dream ini tentunya juga tidak mudah¬†untuk dilakukan.

Beberapa fakta tersebut di atas memang terdengar
aneh dan tak masuk akal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s